Kawasaki Ninja 150R, Jagoan 800 Meter
“Sudah beberapa kali motor ini diadu dengan besutan bengkel lain tapi belum pernah ada yang kalahin," bangga pemilik motor yang gemar naik sepeda fixie ini.
Membuat Ninja Irwan kenceng oleh Nopan Samuel, temannya sendiri. “Enggak perlu mengandalkan spare-parts racing. Cuma butuh ketelitian memapas silinder head, korek lubang buang dan transfer," bilang mekanik yang buka workshop Zippz Crez One (ZCO) di Jl. Raya Kukusan No. 8, Beji Depok, Jawa Barat.
Masih kata mekanik tubuh mungil ini, piston tetap asli. Tapi, supaya kompresi lebih padat, piston jadi B-75 yang sebelumnya A. Head dipapas 0,3 mm dengan dipadukan squish 14 derajat.
Sedangkan bagian lain yang mesti dituning lagi adalah lubang transfer. Bagian ini cuma dihaluskan untuk mengangkat permukaan yang seperti kulit jeruk. Selanjutnya, rumah reed valve ikut dihaluskan. Karena bagian ini yang pertama dilalui bensin ke ruang bakar.(motorplus-online.com)
DATA MODIFIKASI
Ban depan : Comet 60/80-17
Ban belakang : IRC 60/80/17
Pelek depan : 140 x 17
Pelek belakang : 160 x 17
Knalpot : RMC
Karbu : Keihin PE 28
Pilot/main-jet : 55/155
Tidak ada komentar:
Posting Komentar